KONGREGASI SUSTER SANTO FRANSISKUS CHARITAS (FCh)

Pemberkatan Biara Dona Pika

Meskipun masih berada di masa pandemi covid 19, para suster St. Fransiskus Charitas tidak berkurang semangat semangatnya untuk mempersiapkan pemberkatan Biara Dona Pika BK 4 yang telah selesai dibangun. Dengan bantuan Rahmat Allah, pemberkatan Biara dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 6 Februari 2021 pukul 17.00 WIB, dengan dipimpin oleh Romo Vikjen Keuskupan Agung palembang, Rm. Felix Astono SCJ dengan didampingi oleh Romo Paroki Bangun Sari, Rm. Susilo Haryono SCJ.

Romo Vikjen KAPal, Rm. Felix Astono SCJ didampingi oleh Romo Paroki Bangun Sari, Rm. Susilo Haryono SCJ

Hadir dalam pemberkatan Biara Dona Pika ini adalah para suster Charitas wilayah Belitang, umat di lingkungan sekitar biara, para guru SD dan SMP Charitas Bk 4 dan juga hadir perwakilan desa yakni Bapak Supardi yang adalah Sekretaris Desa Karang Tengah. Dalam peristiwa yang penuh berkat ini juga dihadiri para suster dari Palembang yang ikut menyemarakkan perayaan pemberkatan Biara yang baru ini, yakni Sr. M.  Patricia, FCh (Wakil DPU), Sr. M.  Leonorin, FCh (Anggota DPU), Sr.M. Isedora, FCh (Sekretaris Kongregasi) Sr. M. Yohani, FCh dan Sr. M. Karina, FCh.

Dalam kotbahnya, Rm Astono memberikan ilustrasi cerita tentang berkat rumah. “Suatu pagi Musa datang ke sebuah keluarga. Keluarga itu menyampaikan kepada Musa untuk minta berkat rumahnya, karena rumahnya banyak dihuni oleh roh jahat/setan. Tetapi Musa teringat bahwa Harun sudah pernah memberkati rumah itu, mengapa keluarga ini minta berkat lagi. Apakah berkat Tuhan melalui Harun tidak mampu mengusir roh-roh jahat? Maka Musa berdoa dan Tuhan tertawa. Yang membuat banyak roh jahat di dalam rumah itu bukan karena berkat Tuhan melalui Harun tidak manjur, tetapi karena keluarga itu saling membenci, saling menghianati, saling curiga, saling mencela”

Romo Vikjen melanjutkan kotbahnya, dalam kehidupan ini kita memang harus meminta berkat Tuhan agar kuasa Allah hadir dan menguasai hati, pikiran dan seluruh kehidupan kita. Dalam 1 Kor 3,  dikatakan bahwa Allah lebih suka memberikan benih dari pada memberikan buah. Artinya Allah memberi modal bagi setiap orang. Juga dalam Mat 7:21-29 dikatakan bahwa yang tidak membangun atas dasar Kristus, Allah akan merobohkannya. Maka dengan pemberkatan ini semoga semua pribadi yang tinggal di dalam rumah ini membangun diri atas dasar Kristus, sehingga teguh dalam panggilan dan iman.

oleh Sr. M. Paula FCh

Foto-foto selengkapnya silahkan buka di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *