Biara Charitas Sta. Anna

Kompleks RS Charitas Jl. Jend. Sudirman No. 1054 Palembang

Biara Charitas  ‘’St. Anna’’ ada di kompleks biara pusat. Karena alasan jumlah anggota yang berada di komunitas St. Fransiskus dan Sta. Immaculata cukup banyak, maka rapat DPU, tanggal 23 Januari 2005 memutuskan untuk menyatukan Sta. Anna dan St. Klara menjadi satu biara, yakni Sta. Anna.

      Alasan yang mendasar adalah supaya suster lansia cukup mendapat perhatian dan pelayanan yang baik. Komunitas ini selain melayani suster-suster lansia, juga menjadi tempat istirahat bagi suster yang sakit. Anggotanya bervariasi, ada yang bekerja di Charitas Hospital Palembang sebagai tenaga medis maupun non medis, ada yang khusus bertugas merawat suster yang lansia dan sakit bagi yang tugas di biara. Para suster juga terlibat dalam kegiatan di lingkungan dan paroki.

             Sta. Anna dan Yoakim adalah orang tua Sta. Maria, bunda Yesus. Sta. Anna dipilih Tuhan menjadi ibu Perawan Maria. Dalam buku-buku umat Kristen abad ke-2, nama Anna sangat harum. Diceritakan,  bahwa sejak perkawinannya dengan Yoakim, ia tak henti-hentinya mengharapkan karunia Tuhan, yaitu seorang anak. Namun cukup lama harapannya itu tak kunjung datang juga. Tetapi ia tak putus asa. Dari tahun ke tahun Sta. Anna dan suaminya Yoakim berziarah dan berdoa ke Bait Allah di Yerusalem. Sta. Anna berjanji kalau di karuniai anak, maka anak itu akan dipersembahkan kepada Tuhan. Suatu hari Malaikat Tuhan mengunjungi mereka yang hampir lanjut usia itu membawa warta “Tuhan berkenan mendengar doanya, ibu akan melahirkan anak perempuan yang akan membawa sukacita bagi seluruh dunia”.

Nama Pelindung Biara Charitas Sta. Anna

  Sta. Anna bersyukur kepada sang pencipta dengan tulus hati. Ia menceritakan kepada suaminya perihal warta malaikat itu. Setelah genap waktunya, lahirlah seorang putri mungil yang manis. Bayi itu diberi nama Maria, yang kelak menjadi bunda Tuhan Yesus Kristus, Juru Selamat kita. Peringatannya dirayakan setiap tanggal 26 Juli.

          Sta. Anna di hormati sebagai pelindung kaum ibu, khususnya yang sedang hamil dan mengurus keluarga. Nama “Anna” memiliki arti  Tuhan berbelaskasih. Semoga sifat keibuan dan semangat belas kasih  St. Anna menjiwai para saudari yang tinggal di komunitas “St. Anna”.

Anggota Komunitas Sta. Anna

Dengan demikian para suster yang sudah lanjut usia dan sakit, mengalami pendampingan yang layak dan kegembiraan di usia senja mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *