KONGREGASI SUSTER SANTO FRANSISKUS CHARITAS (FCh)

BIARA CHARITAS LEMBAH SPOLETO

Jl. Mawar Indah No.75. Lebak Bulus – Cilandak Jakarta Selatan

Biara Charitas ‘’Lembah Spoleto’’   ada dilokasi yang benar-benar sebuah lembah. Sebuah cekungan tanah di kota Metropolitan. Tempat yang kondusif untuk proses belajar mengajar, sebab jauh dari keramaian, namun riskan akan banjir sebab struktur tanah membentuk sebuah cekungan besar. Biara serta sekolah SMP dan SMA Charitas dibangun di tempat yang demikian ini.

           Mulai tanggal 1 Agustus 1986, berdasarkan surat izin opersional dari pemerintah, SLTP Charitas St. Stefanus Cilandak mulai menerima murid baru. Semula local sekolah SMP masih menempati local TK dan SD Charitas St. Stefanus, Pondok Labu. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan sore hari. Sejak tanggal 24 September 1988, SMP Charitas memiliki gedung baru yang berada di Jl. Mawar No. 75, Lebak Bulus Cilandak.

          Dalam perkembangan selanjutnya, gedung SMA, biara dan aula juga dibangun. Gedung SMA, biara dan aula diresmikan dan diberkati pada tanggal 1 November 1990.

       Karya para saudari di ‘’Lembah Spoleto’’ khususnya mengelola karya pendidikan. Yayasan Pendidikan Charitas Pusat ada di tempat ini, maka suster-syster yang berkarya di tempat ini, semua memiliki tugas yang sama yakni mewartakan ‘’Injil’’ dalam dunia pendidikan. Meskipun demikian, para saudari tetap terlibat aktif dalam lingkungan, dan pelayanan parokial.

                    Spoleto adalah  sebuah kota kuno di provinsi Italia, terletak kurang lebih 400 km sebelah selatan Asisi. Spoleto telah lama menempati posisi geografis yang strategis. Terletak diujung lembah, besar dan luas, dikelilingi oleh pegunungan.  Lembah Spoleto membentang dari Spoleto lewat Foligno, sampai ke lereng-lereng Prugia; Assisi terletak di lembah ini. Spoleto merupakan  kota penting bagi suku-suku Umbria asli, yang membangun dinding disekitar pemukiman mereka pada abad ke -5 SM.

          Nama ‘’Lembah Spoleto’’ dipilih menjadi nama Biara Charitas Lebak Bulus, Jakarta Selatan, merujuk pada cerita diatas. Lokasi Biara Charitas ‘’Lembah Spoleto’’ dan SMP/SMA Charitas juga di lembah. Ada cekungan tanah yang lumayan luas, dan dilembah inilah, di Jl. Mawar Indah no. 75, Cilandak, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, biara dan sekolah SMP dan SMA  Charitas dibangun.

Anggota Komunitas Lembah Spoleto tahun 2020 (Sr. M. Beatrix FCh sebagai Pelayan Persaudaraan).

Assisi terletak di Lembah Spoleto. Dari lembah ini St. Fransiskus lahir. Dari lembah ini pula muncul orang kudus yang dikenal dunia. Maka, menjadi permenungan terus-menerus bagi kita, bahwa nama ini dipilih untuk Komunitas  Charitas yang menangani karya pendidikan. Semoga dari ‘’Lembah Spoleto’’ Jakarta ini, lahir pula ‘’Fransiskus-Fransiskus’’ muda, yang siap menjadi duta damai dan membawa warta gembira di negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *