KONGREGASI SUSTER SANTO FRANSISKUS CHARITAS (FCh)

Bersyukur Bersama Oma dan Opa Panti Werdha Dharma Bakti

Minggu, 09 januari 2022 merupakan hari yang  penuh sukacita bagi oma dan opa yang tinggal di Panti Werdha Dharma Bakti km 7 Palembang. Panti Werdha ini dikelola oleh Suster Suster St. Fransiskus Charitas dibawah pimpinan Sr. M. Melanie  FCh. Sukacita ini tergambar dari raut wajah oma dan opa yang tampak berseri–seri, penuh senyum dan semangat. Keluarga besar Panti Werdha Dharma Bakti mengadakan kegiatan syukur atas kemurahan Tuhan, sebab selama masa pandemi Virus Corna – Covid 19 dalam waktu 2 tahun terakhir  ini, Tuhan memberikan perlindungan terhadap oma, opa, serta para karyawan sehingga terhindar dari paparan Virus Corona.

Sr. M. Melanie FCh pemimpin Panti Werdha Dharma Bakti

Kegiatan ini disambut hangat oleh para oma dan opa yang tinggal dipanti, mereka sangat antusias dengan menggunakan topi Santa Claus dan kaos berwarna merah. Oma dan opa dihantar oleh para Karyawan menuju ke gedung Immanuel tempat diadakanya acara Syukuran. Keterbatasan fisik tak menjadi penghalang bagi oma dan opa merasakan betapa besar kasih Tuhan dalam kehidupan mereka. Sr. M. Melanie FCh dalam sambutannya menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai ujud syukur sekaligus menjadi tanda bahwa ke 45 oma dan opa yang tinggal di panti werda ini merupaka pribadi yang berharga dimata Tuhan, para suster, dan karyawan yang melayaninya.

Bapak Dian Endico berta istri yang mewakili Tokoh Agama Islam

Acara di mulai jam 10.00 WIB diawali dengan doa  Syukur oleh 3 pemuka Agama ( Islam, Budha dan Katolik ). Doa syukur secara agama Islam di wakili oleh bapak Dian Endico yang juga menjabat sebagai ketua Rt, beliau hadir bersama sang Istrinya.  Doa Syukur secara agama Budha di bawakan oleh Suhu Kengshan, dan untuk doa secara agama Katolik di bawakan oleh Rm. Paulus Guntoro SCJ yang juga merupakan Direktur utama Rumah Retret Giri Nugraha km 7. Selain acara  doa syukur, kegiatan juga di isi dengan pemilihan Queen dan King  dari oma dan opa maupun dari karyawan lalu dilanjutkan dengan santap siang bersama.

Rm. Guntoro SCJ (paling kiri) sebagai wakil Tokoh Agama Katolik, Suhu Kengshan (tokoh agama buda ketika dari kiri)

Panti Werdha Dharma Bakti ini berada di lingkungan Kompleks RS. Myria km 7. Panti Werdha ini berdiri pada tanggal 24 Februari 1972 serta diberkati olej Mgr. Joseph Soudant SCJ. Panti Werdha ini terdiri dari dua wisma yaitu Wisma Simeon dan Wisma Emanuel. Wisma Simeon pada pada tanggal 24 April 2020 telah bergabung menjadi Wisma Hana.

Para Postulan FCH (Calon Suster FCh) ikut memeriahkan acara menghibur para oma-opa.

Saat ini jumlah oma dan opa yang tinggal di panti ini ada 45 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang budaya, agama, suku, dan kisah hidup yang berbeda. Sebut saja Opa Robet beliau sudah tinggal di panti ini selama 14 tahun lamanya. Beliau sangat menikmati masa senjanya dengan penuh syukur dan bahagia sebagaimana yang menjadi harapan dari Sr Melanie sendiri  bahwa setiap oma dan opa hendaknya bahagia lahir batin, didunia dan di surga. Namun tak dipungkiri untuk menghantar pada rasa syukur dan kebahagiaan bagi oma dan opa ini tidaklah mudah. Mereka mengalami tantangan khususnya dikala ada perubahan kondisi fisik maupun mental dari oma dan opa. Maka dibutuhkan kesabaran yang extra serta kasih yang besar agar mereka tetap merasa dikasihi, begitu yang diungkapkan Suster yang memiliki moto ”Melayani dengan kasih ”.

King dan Queen tahun ini

Panti Werdha Dharma Bakti ini memiliki 32 karyawan dan didampingi oleh 8 Suster FCh yang setiap hari selalu siap melayani serta untuk menunjang segala aktivitas di panti ini. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di panti ini seperti senam pagi, mendengarkan firman Tuhan, merendam kaki, nonton Tv bersama, berdoa menurut kepercayaan masing – masing, perayaan ulang tahun, rekreasi, berkebun dan ditunjang fasilitas yang disediakan berupa kunjugan dan pemeriksaan dokter dari Rs. Myria, Ruang Fisioterapi, Ruang makan, Ruang doa dan  Ruang Rekreasi.

by: Sr. M. Redempta FCh

Foto-foto lengkap bisa dilihat di sini

4 tanggapan untuk “Bersyukur Bersama Oma dan Opa Panti Werdha Dharma Bakti”

  1. Avatar Sr.m.chrispina
    Sr.m.chrispina

    Bagus dan terus tingkatkan demi kebahagiaan oma opa

    1. Avatar web-admin

      Terimaksih Sr. Chrispin, semoga tetap sehat selalu

  2. Avatar Yang fransiska usboko
    Yang fransiska usboko

    Apakah kongregasi suster mereka masih menerimah calon?

    1. Avatar web-admin

      Terimaksih Mbak Fransiska sudah membaca Suara Charitas…dengan senang hati dan pintu Charitas tetap terbuka bagi yang berminat bergabung bersama kami Mbak. Kami tunggu..salam kenal ya Mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *